Sepertinya saya mulai tertarik..

Dari awal masuk TI, I have no idea kecenderungan saya kemana. Bahkan saya sempat merasa saya salah jurusan (well, sepertinya setiap mahasiswa merasakan ini :b). Jadi programmer dan harus berkutat dengan script? No way! Saya sama sekali nggak menikmatinya. Sistem informasi yang katanya lebih female-friendly juga nggak menarik buat saya. Mungkin cuma web-design yang sedikit menarik minat saya kali ya (itupun karena ada embel-embel design, haha :D).

Tapi akhir-akhir ini sepertinya saya mulai tertarik pada bidang kesosial-mediaan (maksudnya bidang yang berhubungan dengan sosial media :p). Saya baru sadar dari awal saya mengenal dunia IT, internet dan sosial media-lah yang membuat saya selalu semangat mempelajarinya. Mempelajari disini maksudnya lebih ke mempelajari fenomena sosial medianya yaa (dont get me wrong).

Ohya, sebelum baca artikel ini lebih lanjut ada baiknya kita samain presepsi dulu kali ya. Kalo selama ini yang kalian ngerti tentang sosial media hanyalah facebook, mungkin kalian bisa baca dulu pengertian sosial media dari wikipedia berikut ini :

“Social media refers to the means of interactions among people in which they create, share, and exchange information and ideas in virtual communities and networks.”

Jadi sosial media adalah interaksi antar manusia (membuat, berbagi dan bertukar informasi) yang terjalin  dalam komunitas dan jaringan virtual (internet). Jadi sosial media disini bukan cuma facebook, tapi semua jaringan komunikasi sosial seperti blog, twitter, google+, instagram, foursquare, dll. Okay, sekarang dianggap udah ngerti semua yaa. (:

Ketertarikan ini baru saya sadari setelah membuat majalah digital untuk organisasi di fakultas saya beberapa waktu lalu. Kebetulan saya memilih topik tentang sosial media (idk how this idea came up). Dan semenjak membuat majalah itulah saya sadar bahwa selama ini saya selalu passionate setiap membicarakan tentang fenomena sosial media.

Sedikit flash back perjalanan mengenal dunia sosial media. Saya mengenal internet di awal masa SMP (syukur saya waktu itu memilih SMP di tengah kota yang memungkinkan saya mendapatkan fasilitas lebih baik daripada di tempat asal). Untuk mengakses internet pun dulu masih lewat warnet. Dan sejak membaca sebuah artikel di majalah tentang tata cara membuat blog, saya langsung excited untuk mempraktekannya sendiri.

Platform pertama yang saya gunakan waktu itu adalah blog indosiar (saya lupa detail namanya). Terus merambah ke dunia friendster. Rasanya waktu itu seneng banget ya, udah bisa bikin friendster lebih dulu dibanding temen-temen (hahaha :D).

Terus lanjut di SMK, udah mulailah itu booming Facebook. Saya akui Facebook memang sosial media ter-user friendly dibanding yang lain. Konsepnya yang “umum” membuat orang awam pun mudah untuk mempelajarinya. Padahal dulu saya sempat berfikir “Yaelah, facebook gitu doang. Enak juga friendster kita bisa kreasi dengan macem-macem tamplate.” (Huahaha :D)

Lalu mulai tahun 2009 saya baru ngeh sama twitter (iyaa, agak ketinggalan jaman memang) disaat teman-teman saya masih asik sama facebook. Dilanjut sampe sekarang, LinkedIn, Instagram, Foursquare, dan masih banyak lagi sosial media yang masih saya pelajari.

Berita baiknya adalah, penduduk Indonesia seneng ngobrol! Dan sosial media menyediakan tempat untuk itu. That’s why sosial media gampang booming di Indonesia.  Dan semakin saya mempelajari fenomena ini, semakin saya paham bahwa banyak banget peluang dan manfaat yang bisa kita dapet dari sosial media (asal kita menggunakannya secara bijak).

Beberapa hari ini saya bahkan rajin membaca blog Abang Edwin SA (@bangwinissimo). Buat yang belum kenal, beliau ini adalah seorang konsultan internet khususnya di bidang sosial media. Sebuah profesi yang boleh dibilang sangat langka di Indonesia. Tentunya, dia bisa jadi konsultan seperti itu melalui proses yang panjang. Buat yang pengen belajar dari beliau, mungkin bisa baca-baca blognya di bangwin.net atau membaca kolom beliau di Daily Social.

Sedikit referensi, infographic dari mediabistro dibawah ini mungkin bisa sedikit memberi gambaran tentang sejarah sosial media.

See? Sejarah sosial media bahkan udah dimulai di tahun 1978! Jauh sebelum saya lahir (hahaa :D). Jadi untuk menjadi social-media expert, rasanya masih banyak sekali hal yang harus saya pelajari. ((:

One thought on “Sepertinya saya mulai tertarik..

  1. whoaaa dah lama banget yah social media itu eksis, yup sekarang social media lagi naik daun sudah ada univ yang buka jurusannya / mata kuliahnya koq🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s