Pengalaman mengurus visa USA jenis B1/B2

Selain belajar dari keberhasilan orang lain, belajar dari kegagalan orang lain juga bisa dijadikan pembelajaran yang efektif menurut saya. Kita bisa menghindari hal-hal yang nantinya bisa menyebabkan kita gagal.

Dari pengalaman googling cerita blogger-blogger lain tentang apply visa USA, kebanyakan dari mereka adalah yang sukses mendapatkan visa. Mungkin mereka yang ditolak merasa kecewa, lalu malas membagikan kegagalan mereka.

Tapi, kali ini saya berbaik hati untuk membagikan cerita kegagalan saya apply visa USA kemarin.

Awalnya saya harus apply visa USA karena diundang summit yang diadakan di California oleh Mozilla dimana saya menjadi salah satu kontributor disitu. So, kemarin saya harus apply visa jenis B1/B2.

Setelah bertanya sana-sini ke mentor Mozilla yang sudah pernah apply visa, mereka bilang kuncinya adalah percaya diri dan membawa dokumen-dokumen yang lengkap. Saya nggak akan jelasin dokumen-dokumennya disini, karena di situs US embassy sudah sangat lengkap.

Datanglah saya wawancara di US Embassy di Jakarta. Petugasnya sama sekali nggak horror atau jutek seperti yang saya baca dari blog-blog lain kok. Mereka semua ramah-ramah termasuk petugas keamanan juga semuanya ramah.

Setelah mengantri beberapa kali, tibalah waktu wawancara dimana waktu itu saya kebagian loket 5 dan si konsuler adalah seorang bule perempuan muda yang juga ramah. Sayang microphone-nya agak trouble waktu itu jadi saya sering meminta si bule mengulang pertanyaannya.

Kebanyakan dari orang-orang yang diwawancara sebelum saya menggunakan bahasa inggris. Dan katanya sih biar lebih meyakinkan si bule, memang lebih baik kita menggunakan bahasa inggris walaupun si konsuler sebenernya bisa berbahasa Indonesia.

Pertanyaan mereka standar, seperti apa tujuan kalian ke AS, siapa yang akan membiayai perjalanan kalian, lalu jika disponsori mereka akan bertanya hubungan kalian dengan si sponsor. Saya menjawab semua pertanyaan konsuler dengan percaya diri. Bahasa inggris saya juga alhamdulillah cukup lancar. Saya juga memberikan 2 dokumen, satu dari sponsor dan yang satu lagi dari kampus saya. Namun ternyata saya mendapat kertas kuning yang berarti pihak embassy masih harus memeriksa dokumen saya lebih lanjut. Biasanya, jika mendapat kertas kuning prosesnya akan memakan waktu yang lebih lama.

Untuk meyakinkan pihak embassy, saya buru-buru mengirimkan email ke sponsor saya agar mengirimkan fax/email ke US embassy Jakarta. Tepat setelah sponsor selesai mengirim email siangnya, saya malah mendapat telepon dari embassy bahwa passpor saya sudah dikembalikan.

What? Cepet banget? Mesti ditolak nih kalo gini..

Dan bener aja, setelah saya cek status visa saya via online, ternyata benar “refused“. Sedih memang, tapi ya sudahlah. Saya ikhlasin aja, mungkin kesempatan ini memang belum saatnya.

Jadi, tipsnya adalah : Percaya dirilah pas wawancara, dan bawa semua dokumen yang bisa membuktikan perjalanan kalian ke US nanti terjamin. Kemarin yang saya berikan hanya dua dokumen (undangan dari sponsor dan surat keterangan mahasiswa dari kampus saya). Dokumen lain seperti itinerary dan rekening koran (ini sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan jika perjalanan Anda disponsori) tidak sempat saya berikan.

Dan kualitas passpor juga sepertinya berpengaruh. Dari kebanyakan orang yang diwawancarai sebelum saya, mereka kebanyakan sudah pernah mendapat visa Amerika. Teman seperjuangan saya yang juga ditolak visanya, alasannya adalah karena belum pernah punya keterangan jalan ke luar negeri. Tapi wallahua’lam juga sih. Mungkin memang belum rejeki kita.

Dan walaupun nggak ikut summit, toh saya tetep seorang Mozillians. (:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s