#ForwardYourHappiness

The only universal thing in this world is that we all want this world to be better. – Charley Johnson

Kapan terakhir kali kalian membantu teman? Atau membantu orang asing yang kalian temui di jalan? Atau sekedar membantu adik mengerjakan PR?

Membuat dunia menjadi lebih baik adalah salah satu hal universal yang diinginkan semua orang. Membantu orang lain tidak peduli siapapun itu, juga merupakan salah satu langkah untuk membuat dunia ini lebih baik. Semua orang adalah bagian dari “dunia” itu sendiri. Kalian tidak perlu repot-repot mengubah dunia jika masih belum sanggup melakukannya. Hanya dengan sekedar melakukan satu kebaikan kecil, kalian bisa membantu dunia ini menjadi lebih baik meskipun hanya sedikit.

Sekitar awal bulan ini saya membaca sebuah artikel menarik di Reader Digest Indonesia edisi bulan November 2014. Judulnya “Pay It Forward”. Isinya adalah cara yang sangat mudah sekaligus brilian untuk menularkan kebaikan.

Idenya sederhana. Kita hanya perlu melakukan kebaikan ke dua orang, dan jika mereka berterimakasih karena perbuatan kita, mintalah mereka untuk melakukan kebaikan yang sama ke dua orang yang lain.

Adalah Charley Johnson yang memprakarsai gerakan ini. Dia adalah founder dari Yayasan Pay It Forward. Dalam sebuah kesempatan saat menjadi pembicara TEDx SMU, Charley mengatakan bahwa dia ingin membuat sebuah pergerakan dimana semua orang di dunia bisa ambil bagian tanpa adanya afiliasi negara, agama, politik, atau ras. Bahkan kita bisa mendukung pergerakan itu meski tanpa uang sekalipun.

#ForwardYourHappiness

Pay it forward kemudian menginspirasi saya untuk membuat rantai kebahagiaan yang saya sebut “Forward Your happiness”. Jika ide Pay It Forward adalah untuk meneruskan kebaikan, maka Forward Your Happiness adalah sebuah ide untuk menyebarkan kebahagiaan. Sebenarnya tidak ada yang berbeda diantara keduanya. Saya hanya me-rebranding dengan lebih menonjolkan bagian kebahagiaanya.

Ide dari Forward Your Happiness adalah buat orang lain bahagia dengan cara apapun, kemudian jika mereka merasa senang karena perbuatan itu, kalian bisa meminta mereka untuk menyebarkan kebahagiaan ke orang lain dengan cara yang sama.

Setelah melakukan misi Forward Your Happiness, kalian bisa mempublikasikan cerita/foto dari misi Forward Your Happiness yang baru saja kalian lakukan di sosial media atau blog pribadi kalian masing-masing. Jangan lupa menambahkan tagar #ForwardYourHappiness agar lebih banyak orang tau serta bisa mempraktekkannya juga. Semudah itu. Namun tentu saja langkah ini bukan aturan wajib karena tidak ada aturan dalam kebahagiaan. ((:

Dalam Forward Your Happiness, kalian bisa melakukannya kapanpun, dengan cara apapun yang kalian suka atau memilih siapapun target yang akan kalian tularkan kebahagiaan.

DSC09806-resizeJika kalian pernah mendengar Neknomination, Pay It Forward ataupun Forward Your Happiness adalah versi modifikasi dari Neknomination. Neknomination adalah sebuah online drinking game dimana seseorang mendokumentasikan video dirinya meminum minuman (biasanya beralkohol) dalam satu teguk lalu mengunggahnya di internet. Dia lalu akan meminta dua orang temannya melakukan tugas yang sama dalam 24 jam.

Ada beberapa gerakan kebaikan lain yang terinspirasi dari permainan Neknomination. Contohnya Feed the Deed di Canada yaitu gerakan untuk memberi makan gelandangan. Ada juga SmarNominate di Perancis yaitu gerakan untuk mendonorkan darah. Apapun nama gerakannya, intinya kita semua ingin mewujudkan dunia yang lebih baik lagi.

Bagi beberapa orang membagikan kebahagiaan mungkin bukanlah sesuatu yang penting untuk dilakukan. Namun seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya,

Other people’ happiness maybe is not your responsibility, but you can always choose to share.

#ForwardYourHappiness

My first mission

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s